Jumat, 12 Oktober 2012

Film kita kalah dengan Film Bahasa Tamil?


Mungkin selama ini kita hanya mengetahui Tamil adalah bangsa India Selatan yang menjadi minoritas dinegaranya, Sri Lanka, Singapura, dan lain-lain, tapi kalau berurusan dengan film, mungkin kita masih kalah maju dengan film Bahasa Tamil India.

Memang benar kalau fakta yang baru-baru ini beberapa film Tamil produksi tahun 2010 sampai 2012 menggeparkan dunia, seperti "Endhiran" film India pertama yang menggunakan Stan Wiston Effect, yang digunakan di film-film blockbuster Hollywood seperti "Avatar", "Jurassic Park", dan lain-lain. Dan juga "Adhisaya Ulagam" film dinosaurus India pertama dan merupakan film full 3D effect.

Secara keseluruhan, memang film Tamil adalah film Bahasa India Selatan yang paling maju dibanding Telugu, Kannada, dan Malayalam. Bahkan bisa melebihi icon India, Bollywood. Ditambah dengan banyak aktor India Selatan yang menjamur disana dan menjadi bintang Bollywood. Mengejutkan bukan? Bahkan film Tamil pun memiliki pangsa pasar besar kedua di dunia setelah Hindi dalam pasar film bahasa asing selain Bahasa Inggris.

Jika dibandingkan dengan Film Nasional kita, mungkin kita lebih menang di isi cerita, bukan cara penyajian dan tari-tarian yang khas dari semua film India. Sementara film Tamil menang di cara penyajian mereka dengan menggunakan efek-efek yang terkadang jarang kita temui di film Indonesia, juga efek-efek yang biasa kita temui di sinetron ajaib dengan lebih rapi dan menarik di mata penonton. Semoga saja film Indonesia lebih maju di hari yang akan datang, dan jauh melebihi popularitas film-film India yang lain,termasuk Tamil.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar